Jumat, 20 Maret 2009   Sosial

BANTUAN KACA MATA


162 ANAK SEKOLAH PENYANDANG LOW VISION DIBANTU KACA MATA

TEMANGGUNG, Sebanyak 162  siswa  SD dan SLTP  penyandang  gangguan pandangan mata atau lebih dikenal dengan  sebutan low vision  mendapat bantuan uang untuk membeli kaca mata dari Pemkab Temanggung melalui Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan. Tiap-tiap anak  dibantu uang Rp.250.000 yang diserahkan secara simbolis  oleh Bupati Drs. Hasyim Afandi kepada perwakilan penerima bantuan di Graha Bhumi Phala komplek Setda Temanggung Kamis (19/3) disaksikan pejabat terkait.
Dalam sambutannya  Bupati Drs. Hasyim Afandi menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan yang telah memprakarsai pemberian bantuan pembelian kaca mata kepada  sejumlah siswa SD dan SMP penyandang low vision. Dengan adanya bantuan tersebut sangat berarti guna membantu anak-anak  bisa memiliki kaca mata , sehingga  gangguan mata yang selama ini disandang bisa teratasi . Lebih-lebih lanjutnya  dalam proses belajar di sekolah mutlak diperlukan  sarana pandangan penglihatan mata  yang jelas , agar bisa mengikuti pelajaran dengan baik.
“ Pemberian bantuan pembelian kaca mata ini sungguh berarti  bagi siswa yang daya penglihatannya rendah, sehingga tidak bisa membaca dengan jelas materi pelajaran di sekolah. Harapannya setelah nanti memiliki kaca mata , gangguan penglihatan bisa teratasi guna menunjang kelancaran proses belajar di sekolah  maupun kegiatan di rumah” tandasnya.
Menurut Bupati,  anak-anak sekolah  yang menyandang low vision  dimungkinkan  masih banyak dan belum tertangani . Oleh karena itu  diharapkan kalangan guru maupun orang tua  agar jeli memperhatikan  siswa maupun anak-anaknya,  manakala  mengalami gangguan penglihatan. Sebab ujar dia, pada umumnya anak-anak tidak paham bila dirinya  mengalami low vision, sehingga mutlak perhatian dari guru  maupun orang tua.
“ Bila  anak-anak  mengalami  tanda-tanda  pandangan matanya kurang jelas, hendaknya segera diperiksakan ke petugas kesehatan guna memeroleh pengobatan yang memadai .Dengan demikian bisa secepatnya diatasi agar tidak bertambah parah . Hal ini membutuhkan kejelian  guru dan orang tua “ pintanya.
Sedang Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan  Masruchi, SKM, Mkes mengatakan,  162 siswa penerima bantuan  terinci 70 laki-laki dan 92 perempuan. Mereka tercatat  sebagai siswa  baik SD maupun SMP yang tersebar di 13 Kecamatan, terbanyak dari Kecamatan Temanggung 52 anak dan terendah Kecamatan Jumo dan Kaloran masing-masing 1 anak.
“ Bantuan ini diberikan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu yang telah didata dan diperiksa pada tahun 2008. Akan tetapi tertunda  pemberian bantuannya karena  terbatasnya anggaran pada tahun 2008. Tiap anak mendapat bantuan Rp.250.000 sehingga  jumlah  seluruhnya menghabiskan anggaran Rp.40.500.000 , bersumber dari APBD  II tahun 2009 “ jelas dia  ( HMS/Edy Laks )     
              

Bagikan :


Rabu, 16 Mei 2018 Pemerintahan
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1439H/2018M Jatuh Pada Kamis, 17 Mei 2018

TEMANGGUNG, Pemerintah menetapkan 1  Ramadan 1439H/2018M jatuh pada...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Investasi Umat dengan Gerakan Anak Soleh

TEMANGGUNG, Majelis Taklim Roudlotul Fallah Ngadigunung Tuksari Kledung mengadakan Haflah Attasyakur Lil Ihtitam ke-14, dengan...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Wayangan Grebeg Makukuhan Usung Cerita Wahyu Cakraningrat

TEMANGGUNG, Warga masyarakat Desa Kedu Kecamatan Kedu menggelar pentas hiburan kesenian wayang kulit semalam suntuk dalam rangka...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Pemkab Tuban Belajar DBHCHT Di Temanggung

TEMANGGUNG, Pemerintah  Kabupaten Tuban  Provinsi Jawa Timur mengadakan kunjungan kerja di Kabupaten Temanggung Senin (14/5). Kunjungan kerja bertujuan untuk...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Grebeg Makukuhan Sambut Ramadhan

TEMANGGUNG, Warga masyarakat Desa Kedu Kecamatan Kedu menggelar Jelajah Wisata Budaya Religi Dan Grebeg Makukuhan...