Rabu, 15 Maret 2017   Pemerintahan

BUPATI MINTA WARGA IKUT KB


TEMANGGUNG, Bupati Temanggung, Bambang Sukarno meminta warga masyarakat utamanya yang sudah berkeluarga untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) guna mewujudkan norma keluarga kecil bahagia sejahtera.
      Permintaan tersebut disampaikan bupati di acara  bakti sosial pengobatan gratis dan pelayanan KB di Desa Jlegong  Kecamatan Bejen  Kamis (8/3). Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hatimah Bambang Sukarno, Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Masruchi dan pejabat terkait.
     Diungkapkan KB merupakan suatu program pemerintah Indonesia sejak tahun 1970 yang bertujuan untuk membatasi jumlah kelahiran guna menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera. Adapun tujuan umum dari perencanaan KB adalah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak serta mengendalikan pertambahan penduduk suatu negara sesuai dengan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) yaitu dengan jalan mengendalikan jumlah kelahiran.
     Sedangkan tujuan khusus dari program tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan suatu keluarga yaitu dengan jalan penjarangan angka kelahiran atau jumlah kelahiran bayi yaitu dengan jalan menggalakkan pemakaian alat kontrasepsi. Oleh karena itu kepada pasangan keluarga utamanya yang baru saja membina keluarga diharapkan mengikuti program keluarga berencana dengan menjadi akseptor KB baik mengunkan IUD, pil, Implant atau kondom maupun operasi steril.
     Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Masruchi mengatakan dalam kegiatan pelayanan KB gratis  banyak diikuti oleh  ibu-ibu rumah tangga yang mendapatkan layanan pemasangan implant. Diungkapkan Dengan mengikuti program KB berarti keluarga dapat menyelamatkan kehidupan serta meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. Terutama dalam mencegah kehamilan tak diinginkan, menjarangkan jarak kelahiran, serta mengurangi tingkat risiko kematian pada bayi. Selain itu, program KB juga dapat memberi keuntungan bagi kehidupan ekonomi sebuah keluarga dan masyarakat. Selain itu, program KB juga telah mebuktikan bahwa pria juga ikut bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi mereka dan keluarganya. (Hms17/Edy Laks)

Bagikan :


Rabu, 21 Juni 2017 Pendidikan
PERINGKAT UN MENINGKAT

TEMANGGUNG, Pada pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 2017, peringkat...

Rabu, 21 Juni 2017 Pertanian dan Perkebunan
PANEN KENTANG GRANOLA

TEMANGGUNG, Dinas Pertanian Provinsi Jateng melakukan panen raya bibit...

Rabu, 21 Juni 2017 Perekonomian
7 PASAR TRADISIONAL BERHASIL DIBANGUN

TEMANGGUNG,Pemerintah Kabupaten Temanggung telah berhasil membangun 7 pasar...

Rabu, 21 Juni 2017 Pemerintahan
PENGUKUHAN PENGURUS WARTAWAN

TEMANGGUNG, Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Temanggung periode 2017-2020 belum...

Rabu, 21 Juni 2017 Pemerintahan
JELANG IDUL FITRI PEREDARAN MAKANAN DIPANTAU

TEMANGGUNG, Guna memastikan manakan dan minuman yang beraedar...