Rabu, 15 Maret 2017   Pendidikan

KWARCAB TEMANGGUNG GELAR PESTA SIAGA


TEMANGGUNG, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Temanggung mengelar pesta siaga  tingkat SD / MI di  kompleks SMP Negeri 6 Kabupaten Temanggung selama sehari, Sabtu (11/3). Pesta siaga dibuka secara resmi oleh Bupati HM Bambang Sukarno ditandai pelapasan balon  disaksikan pejabat terkait.
     Bambang Sukarno selaku  Ketua Majelis Pembimbing Gerakan  Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Temanggung mengatakan,  bahwa Gerakan Pramuka  Kwartir Daerah Jawa Tengah telah mencanangkan Gembira Berlatih dan Bersaudara sebagai tema kegiatan pesta siaga  tahun ini . Untuk itu  diharapkan   para anggota pramuka   dapat mewujudkan  tiga  budi pekerti luhur di dalam kehidupan sehari-hari. Gembira dalam Berlatih agar terampil dalam berbagai bidang kemahiran.
     “Yanda berharap melalui pesta siaga ini, kalian  dapat  menambah teman, menambah saudara karena sesungguhnya  kita ini adalah saudara. Pengalaman yang didapat dalam kegiatan kepramukaan  inilah yang akan  membesarkan dirimu dan menolong  dirimu  dalam menjalani kehidupan sehari-hari,“ pintanya.
     Panitia penyelenggara, Sugeng Philip, S.Pd mengatakan Pesta siaga bertujuan membina, menanamkan wawasan kebangsaan, kesadaran Berbangsa dan bernegara. Selain untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia. Serta agar dapat terbentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya. Dan Disamping itu juga untuk melatih Mental, kesehatan Jasmani dan Rohani.
     Dalam pesta Siaga ini setiap kwartir ranting mengirimkan 1 Barung Putra dan 1 Barung Putri dengan totol peserta  400 anak. Tiap barung  terdiri 10 Pramuka Siaga dari tiap-tiap kecamatan. Philip menambahkan dalam pesta ini akan  diambil “Barung Tergiat” 1, 2 dan 3 putra putri dan “Barung Tergiat Harapan” 1,2 dan 3 putra putri yang masing-masing akan mendapatkan tropy dan piagam barung terbaik.
     Melalui pesta siaga yang mengangkat tema “Gembira, Berlatih, bersaudara”, peserta akan berkompetisi, diuji dan didik mengenai pentingnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai pramuka siaga dan dilatih untuk berkreatif, rajin, trampil serta bisa bergaya hidup hemat, cermat dan bersahaja. (Hms17/Edy Laks)

Bagikan :


Selasa, 13 Pebruari 2018 Politik
KPU TETAPKAN PASANGAN CALON BUPATI WAKIL BUPATI

TEMANGGUNG, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung menggelar...

Selasa, 13 Pebruari 2018 Politik
PENUHI PERSYARATAN 16 PARPOL BERHAK IKUT PEMILU 2019

TEMANGGUNG, Dalam ajang Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang di...

Selasa, 13 Pebruari 2018 Pemerintahan
SAMBUT HARI PERS WARTAWAN TEBAR BENIH IKAN

TEMANGGUNG, Dalam rangka menyambut peringatan hari Pers Nasional  tahun 2018, Puluhan...

Selasa, 13 Pebruari 2018 Pariwisata
TEMANGGUNG BUTUH MUSEUM BENDA CAGAR BUDAYA

TEMANGGUNG, Pemerintah kabupaten Temanggung membutuhkan tempat untuk menampung  benda-benda cagar budaya, oleh...

Senin, 12 Pebruari 2018 Pariwisata
Temanggung Butuh Museum Benda Cagar Budaya

TEMANGGUNG – Pemerintah kabupaten Temanggung membutuhkan tempat untuk menampung  benda-benda cagar budaya,...