Rabu, 15 Maret 2017   Umum

RUMAH PANGAN SEJAHTERAKAN MASYARAKAT


TEMANGGUNG, Pemerintah kabupaten Temangung mendukung sepenuhnya gagasan Pengrus Cabang Nahdhatul Ulama yang ingin mendirikan Rumah Pangan Kita (RPK) bekerjasama dengan Bulog. Dengan berdirinya banyak rumah pangan maka roda perekonomian semakin lancar guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
     Hal itu disampaikan Bupati HM Bambang Sukarno  saat memberikan sambutan dalam acara launching pendirian rumah pangan kita  yang diprakarsai Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama Temanggung Minggu pagi kemarin (12/3) di pendopo pengayoman Temanggung. Launching  ditandai dengan pemotongan tumpeng dilanjutkan penjualan paket sembako yang dihadiri Ketua PCNU Temanggung KH Gus Furqon, Direktur Konsorsium Ekonomi Kerakyatan pusat Dian Anggraini  dan pejabat terkait serta diikuti ribuan warga nahdliyin.
     Menurut Bupati Pemkab Temanggung sangat mendukung untuk program-program pengembangan ekonomi kerakyatan  seperti  pendirian rumah pangan  kita .Karena dengan   berkembangnya ekonomi kerakyatan maka   mobilitas  perekonomian warga   sangat terbuka bisa berjalan lancar,  berbagai potensi  usaha ekonomi  yang ada di tengah masyarakat memungkinkan bisa berkembang. Dengan demkian maka sangat terbuka peluang  kesejahteraan masyarakat menjadi lebih meningkat. Dikatakan sebagai salah satu bentuk dukungan supaya program ekonomi kerakyatan bsa maju dan berkembang pihaknya tidak lagi memberikan ijin pendirian supermarket atau swalayan. Pasalnya dengan banyaknya berdiri  super market atau swalayan akan mematikan pertokoan skala kecil dan menengah yang banyak  dikelola masyarakat.
     Direktur konsorsium ekonomi kerakyatan pusat Dian Anggraini mengatakan Rumah Pangan Kita (RPK) tetap menjadi cara paling jitu untuk mengatasi fluktuasi harga pangan di tanah air. RPK langsung ke masyarakat. Harapannya daya serapnya langsung ke konsumen, ke masyarakat. RPK merupakan usaha milik masyarakat yang dibina oleh Bulog. Seluruh produk di RPK berasal dari Bulog.
     Dikatakan masyarakat bisa membeli produk Bulog di RPK terdekat dengan harga terjangkau. Harga yang dijual di RPK merupakan satu suara yang ditetapkan Bulog. Artinya, meski harga pasaran gula pasir Rp 15 ribu sedangkan Bulog menetapkan harga Rp 12.500, mitra RPK (pemilik RPK) tidak boleh menaikkan harga sedikitpun. Sebab, kehadiran RPK adalah untuk membantu Bulog melakukan stabilisasi harga.Bulog menjual empat komoditas pangan strategis yakni beras, gula pasir, terigu dan minyak goreng. Berdasarkan perintah Bulog, beras medium dijual di RPK seharga Rp 8.500 per kilogram (kg) dan gula pasir Rp 12.500 per kg.
     Oleh karena itu pihaknya mengapresiasi prakarsa PCNU Kabupaten Temanggung yang telah mencanangkan pendirian Rumah Pangan Kita (PK). Diharakan pendirian RPK di Temanggung menjadi percontohan  di Provinsi Jawa Tengah, supaya dikelolal secara baik dan benarsehingga maju dan berkembang sebagai salah satu upaya untuk memperlancar roda perekonomian. Dengan demikian perputaran ekonomi kerakyatan bisa dinamis, kuat dan mandiri sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.
     “Saat ini, ada sebanyak 10 ribu titik RPK di seluruh Indonesia dan Pada tahun ini Bulog  menargetkan akan berdiri 50 ribu RPK di seluruh penjuru Indonesia. Perum Bulog menggandeng masyarakat menjadi bagian dalam jaringan distribusi bahan pangan melalui program Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai upaya menstabilkan harga pangan,” ujarnya
     Ketua PC NU Kabupaten Temanggung KH Gus Furqon mengatakan, pihaknya menggagas program pendirian Rumah Pangan Kita sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Dia berharap banyak warga NU yang  mendirikan  Ruamh Pangan Kita  dengan menyediakan barang-barang kebutuhan dengan harga murah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Untuk bisa mengikuti program RPK syaratnya mudah cukup mendaftarkan diri di kantor PCNU Kabupaten temanggung atau di MWC masing-masing kecamatan dengan  menyetorkan uang  Rp. 5 juta dengan cara ditransfer melalui bank ke nomor rekening bisnis yang sudah ditentukan. Selanjutnya para pendaftara nantiya akan mendapat  paket barang sembako sesuai pesanan yang akan diantar langsung ke alamat tujuan. (Hms17/Edy Laks)

Bagikan :


Selasa, 10 April 2018 Pemerintahan
Pjs Bupati Minta Perjanjian Kinerja Dilaksanakan

TEMANGGUNG, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Temanggung, Sudaryanto meminta Pimpinan Perangkat Daerah dan pejabat terkait di lingkungan ...

Senin, 09 April 2018 Pemerintahan
Target Swasembada Bawang Putih Nasional

TEMANGGUNG,  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung mengadakan Rapat Koordinasi Kebijakan Pengembangan Komoditas Bawang Putih, pada hari Senin...

Kamis, 05 April 2018 Bencana
SIAP BENCANA DENGAN LATGAB PEPP

TEMANGGUNG, Mengingat Temanggung merupakan daerah rawan bencana yang memiliki potensi...

Rabu, 04 April 2018 Umum
Apel Siaga Linmas Kandangan

TEMANGGUNG, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gemanya sudah mulai...

Rabu, 04 April 2018 Umum
Kodim 0706 Temanggung Menggelar Pembukaan Upacara TMMD Tahap I Tahun 2018

TEMANGGUNG, Kodim 0706 Temanggung menyelenggarakan upacara Pembukaan TMMD Tahap...