Jumat, 21 April 2017   Pertanian dan Perkebunan

PETANI MULAI TANAM TEMBAKAU


TEMANGGUNG, Para petani di kawasan lereng guung Prahu, Sindoro dan Sumbing memasuki pekan ketiga bulan April 2017, sudah mulai melakukan menanam tembakau dan diperkirakan akan segera disusul petani yang memiliki lahan di bawah atau persawahan. Namun demikian  petani membutuhkan  informasi mengenai cuaca agar  budidaya  tanam tembakau bisa sukses.
     Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Agus Parmuji mengatakan, informasi mengenai prakiraan cuaca ini sangat dibutuhkan petani sebagai panduan bercocok tanam. Pasalnya, salah prakiraan bisa berakibat fatal, terkena hama penyakit hingga gagal panen seperti pada musim tahun 2016.
     Oleh karena itu petani berharap pemerintah kabupaten atau provinsi di wilayah-wilayah penghasil tembakau dapat memberikan update informasi mengenai cuaca kepada petani tembakau. Melalui informasi cuaca ini mereka para petani bisa mensiasati masa tanamanya, agar  tidak keliru melangkah.  
     Diungkapkan pertanian tembakau itu berbeda dengan berocok tanaman lain sebab di dalamnya sarat kepentingan asing, untuk kepenguasaan dagang, kepentingan asing untuk penguasaan bahan baku. Oleh karenanya, di tahun ini para petani tembakau berharap kepada pemerintahan Presiden Jokowi agar segera mengkaji dan membuatkan sebuah payung hukum, serta mengendalikan impor dengan cara menambah beban biaya masuk agar tembakau lokal terlindungi.
     Deputi Bidang Klimatologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo sebelumnya mengatakan, musim kemarau tahun 2017 diperkirakan akan masuk pada bulan April ini. Diapun menyarankan sebaiknya petani mulai menanam tembakau pada akhir musim penghujan.Diingatkan pula iklim meski dalam satu kabupaten bisa tidak sama persis atau bervariasi menurut ruang dan waktu, sehingga komoditas yang ditanam untuk wilayah utara dan timur misalnya bisa berbeda. (Hms17/Edy Laks)

Bagikan :


Rabu, 16 Mei 2018 Pemerintahan
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1439H/2018M Jatuh Pada Kamis, 17 Mei 2018

TEMANGGUNG, Pemerintah menetapkan 1  Ramadan 1439H/2018M jatuh pada...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Investasi Umat dengan Gerakan Anak Soleh

TEMANGGUNG, Majelis Taklim Roudlotul Fallah Ngadigunung Tuksari Kledung mengadakan Haflah Attasyakur Lil Ihtitam ke-14, dengan...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Wayangan Grebeg Makukuhan Usung Cerita Wahyu Cakraningrat

TEMANGGUNG, Warga masyarakat Desa Kedu Kecamatan Kedu menggelar pentas hiburan kesenian wayang kulit semalam suntuk dalam rangka...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Pemkab Tuban Belajar DBHCHT Di Temanggung

TEMANGGUNG, Pemerintah  Kabupaten Tuban  Provinsi Jawa Timur mengadakan kunjungan kerja di Kabupaten Temanggung Senin (14/5). Kunjungan kerja bertujuan untuk...

Selasa, 15 Mei 2018 Umum
Grebeg Makukuhan Sambut Ramadhan

TEMANGGUNG, Warga masyarakat Desa Kedu Kecamatan Kedu menggelar Jelajah Wisata Budaya Religi Dan Grebeg Makukuhan...