Rabu, 17 Mei 2017   Ketahanan Pangan

Desa Jragan Kembangkan Usaha Bunga Krisan


TEMANGGUNG, Pemerintah Desa Jragan, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) saat ini tengah mengembangkan usaha kebun bunga krisan. Dipilihnya kebun bunga krisan  karena  memiliki nilai ekonomi sehingga berpeluang mendatangkan keuntungan untuk kesejahteraan warga.

          Kepala Desa Jragan, Nur Khozin menuturkan, perkebunan bunga krisan tersebut telah digagas sejak tahun 2015 dan operasionalnya baru dimulai setahun kemudian. Yakni tahun 2016. Hingga kini memasuki bulan Mei 2017, usaha itu pun terus berkembang dengan melibatkan segenap elemen masyarakat.Anggaran yang digunakan memanfaatkan dana desa ratusan juta rupiah.

          “Sebelumnya kami berpikir apa yang cocok untuk dikembangkan, nah kemudian mnucul gagasan mendirikan BUMDes lewat perkebunan bunga krisan. Kami anggap sangat cocok mengingat daerah kami memiliki udara yang cukup sejuk. Karena berada pada ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl),” ujarnya, kemarin.

          Dikatakan, kebun bunga krisan itu didirikan di atas tanah seluas 800 meter persegi, dan terbagi menjadi tiga blok areal tanam. Setiap 200 meter persegi berisi 10.000 batang tanaman. Untuk jenisnya pun macam-macam, ada krisan jarum, lollipop, lolired, lamet, standar piji, dan barbera.

          Untuk usaha ini Pemerintah Desa Jragan mengeluarkan biaya Rp 500,- guna membeli setiap bibit tanaman bunga krisan. Setelah ditanam dan melalui perawatan secara intensif, bunga krisan dapat dipanen tiga kali dalam satu tahun. Setiap tangkainya dibanderol dengan harga Rp 1.000,- dan dipasarkan di Bandungan, Kabupaten Semarang. Dalam sekali panen dari hasil penjualan bunga krisan Desa Jragan memperoleh tambahan pemasukan Rp 5 juta dan setiap tahun berarti ada pemasukan Rp 15 juta. Pihaknya sengaja merancang pemanenan secara berjangka agar memperoleh keuntungan berkesinambungan. ( Hms/ Edy Laks )

Bagikan :


Rabu, 16 Agustus 2017 Olah raga
4 Pelajar Temanggung Sabet 5 Trophy Juara Kejurda Sepatu Roda

    TEMANGGUNG, Empat (4) atlet  pelajar yang bernaung dibawah club Bumiphala Roller Sport (ROKET) Kabupaten Temanggung berhasil menyabet ...

Senin, 14 Agustus 2017 Pendidikan
SDN Pakurejo Laksanakan Malam Ulang Janji

Temanggung, Dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-56 tahun 2017, Gugus...

Kamis, 10 Agustus 2017 Sosial
Tunggakan Iuran BPJS Capai 7,6 Miliar

    TEMANGGUNG, Kepala Layanan Operasional BPJS Temanggung, Susilo Budi Iswati...

Kamis, 10 Agustus 2017 Sosial
2,8 Miliar Untuk Krisis Air

    TEMANGGUNG, Untuk mengatasi krisis air bersih...

Kamis, 10 Agustus 2017 Umum
Rully-Inan Mas Terpilih Mas dan Mbak Temanggung

TEMANGGUNG, Ruly Arief Panegar dan Inan Sawitri  terpilih sebagai...