Kamis, 16 Pebruari 2017   Umum

PDI P GELAR SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN


TEMANGGUNG, Dewan Pimpinan cabang (DPC) PDI perjuangan Kabupaten Temanggung menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan dengan tema Pancasila sebagai pemersatu bangsa dari perpektif agama di aula setempat baru-baru ini. Hadir dalam cara tersebut anggota DPR RI Sudjadi, Bupati HM Bambang Sukarno dan diikuti sejumlah pengurus dan anggota PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung.
     Dalam acara tersebut menghadirkan pembicara KH Hasyim Afandi (Bupati Temanggung periode 2008-20013) yang mengatakan bahwa Pancasila sangat dibutuhkan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, ras, antar golongan dan adat istiadat dalam suatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran agama, sebab Pancasila tidak mengatur hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan, melainkan mengatur hubungan horisontal antar manusia.
     Hasyim mengatakan Islam dan agama-agama lain serta penganut kepercayaan yang ada di Indonesia sejak awal perumusan telah sepakat dengan Pancasila dan tidak mempertentangkannya. Dengan Pancasila Indonesia akan kuat, Pancasila tidak ada duanya di dunia ini. Pancasila menganut nilai-nilai universialitas, seperti ketuhanan, kemanusiaan yang beradap, persatuan, demokrasi kerakyatan dan keadilan sosial.
     Zaman ini, terangnya potensi perbedaan dan konflik sangat banyak seiring perkembangan teknologi informasi, namun jalinan silaturahmi atau bertemunya orang untuk bermusyawarah membahas perbedaan dan resolusi konflik juga terbuka lebar.     
     Anggota DPR RI Sudjadi mengatakan prespektif Pancasila dari segi agama sangat dibutuhkan, agar tidak sesat berpikir dan sesat dalam memahaminya. Dengan pemahaman yang lebih baik akan Pancasila diharapkan masyarakat akan mengamalkannya dalam keseharian. Oleh karena itu kader PDIP diharap sebagai garda terdepan dalam mengamalkan Pancasila.
     Dia mengatakan sosialisasi itu sekaligus untuk mencermati sinyalemen kebangkitan PKI, yang disampaikan sejumlah orang.  PDIP, akan menjadi garda terdepan dalam menentang kebangkitan PKI jika memang mereka bangkit. Namun sejauh ini diperkirakan hanya strategi lawan politik dalam menyerang. (Hms17/Edy Laks)

Bagikan :


Selasa, 13 Pebruari 2018 Politik
KPU TETAPKAN PASANGAN CALON BUPATI WAKIL BUPATI

TEMANGGUNG, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung menggelar...

Selasa, 13 Pebruari 2018 Politik
PENUHI PERSYARATAN 16 PARPOL BERHAK IKUT PEMILU 2019

TEMANGGUNG, Dalam ajang Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang di...

Selasa, 13 Pebruari 2018 Pemerintahan
SAMBUT HARI PERS WARTAWAN TEBAR BENIH IKAN

TEMANGGUNG, Dalam rangka menyambut peringatan hari Pers Nasional  tahun 2018, Puluhan...

Selasa, 13 Pebruari 2018 Pariwisata
TEMANGGUNG BUTUH MUSEUM BENDA CAGAR BUDAYA

TEMANGGUNG, Pemerintah kabupaten Temanggung membutuhkan tempat untuk menampung  benda-benda cagar budaya, oleh...

Senin, 12 Pebruari 2018 Pariwisata
Temanggung Butuh Museum Benda Cagar Budaya

TEMANGGUNG – Pemerintah kabupaten Temanggung membutuhkan tempat untuk menampung  benda-benda cagar budaya,...