Rabu, 15 Maret 2017   Pertanian dan Perkebunan

PEMKAB SIAPKAN BENIH TEMBAKAU


TEMANGGUNG, Dalam musim tanam tembakau tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Temangung melalui Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan telah menyiapkan benih tembakau sebanyak 145 kilogram. Benih tersebut diperuntukkan bagi petani secara gratis untuk ditanam  dilahan.
     Sekretaris Dintanpangan, Mintyasto menyebutkan pada tahun ini pihaknya disiapkan sebanyak 145 kilogram benih tembakau varietas kemloko. Ia menyebutkan dari sejumlah benih yang disiapkan tersebut, terdiri atas varietas kemloko I sebanyak 53 kilogram, kemloko II sebanyak 28 kilogram, dan kemloko III sebanyak 64 kilogram.
     Ia menjelaskan 10 gram biji atau benih tembakau bisa menghasilkan bibit tembakau untuk ditanam di luas lahan satu hektare. Selama ini, sebagian petani memiliki benih sendiri untuk ditanam di lahannya. Guna menjaga kualitas tembakau asli yakni varietas kemloko, Pemkab Temanggung melakukan pemurnian benih, dengan dimurnikannya benih maka diharapkan keaslian tembakau Temanggung bisa dipertahankan.
     Menurutnya potensi luasan lahan tembakau pada 2017 mencapai 19.254 hektare yang tersebar di 14 kecamatan. Luas areal tembakau pada 2016 mencapai 17.021 hektare dengan produksi 16.821 ton, pada 2015 luas 19.254 hektare dengan hasil 11.225 ton. Terkait dengan ancaman serangan hama para petani tembakau diminta tetap mewaspadai serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) pada masa tanam 2017 karena hama dan penyakit tembakau tetap tinggi. Sebagai  langkah antisipasi petani dapat memanfaatkan musuh alami dan menggunakan obat-obat pabrik untuk mengatasi OPT tersebut. (Hms17/ Edy Laks)

Bagikan :


Rabu, 25 Oktober 2017 Politik
Maskot Pilkada Diluncurkan

TEMANGGUNG, Guna menyambut perhelatan politik pemilihan kepala daerah baik Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jateng...

Jumat, 20 Oktober 2017 Olah raga
KONI Mitra Pemerintah Untuk Memajukan Olahraga Pengurus KONI Temanggung Dilantik

TEMANGGUNG,  Komite Olahraga Nasional  Indonesia (KONI) adalah mitra pemerintah dalam melakukan pengelolaan dan pembinaan olahraga, sehingga diharapkan kegiatan olahraga semakin maju dan...

Senin, 18 September 2017 Pertanian dan Perkebunan
Greder Diminta Beli Semua Tembakau Milik Petani

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Bambang Sukarno minta para grader pabrikan gudang tembakau perwakilan perusahaan rokok untuk membeli semua...

Senin, 18 September 2017 Sosial
Anjangsana HUT ke 58 PEPABRI

TEMANGGUNG, Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 58 tahun 2017  Persatuan Pernawirawan...

Jumat, 08 September 2017 Bencana
Korban Kebakaran Terima Bantuan

    TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno menyerahkan bantuan kepada...